Breaking News
Loading...

What's New

Tuesday, March 5, 2013
no image

Tips Cara Belajar dengan Baik




Cara Belajar yang Baik. Bulan-bulan ini merupakan bulan mendekati ujian semester bagi siswa SMP maupun SMA. Tentunya orang tua lebih memperhatikan dan menerapkan cara belajar yang  baik bagi anaknya agar mendapat hasil belajar yang memuaskan. Para guru pun juga senantiasa menghimbau kepada siswa-siswanya untuk lebih meningkatkan belajarnya agar siswa bisa mengerjakan ujian semester dengan baik. Tentunya dengan memberikan tips cara belajar yang baik. Berangkat dari cara belajar yang baik, saya mencari beberapa tips cara belajar yang baik di beberapa forum yang memberikan berbagai tips cara belajar untuk anak. Salah satunya pendapat dari Raka Arda.

Berikut Cara Belajar Yang Baik


Untuk bisa pandai dan pintar pastinya harus giat dan tekun belajar. Bagaimana cara belajar yang baik efektif dan tepat untuk murid/siswa. Kapan waktu yang tepat agar hasilnya juga maksimal.




Setiap orang bisa menentukan sendiri kapan waktu yang paling tepat untuk belajar. Apakah memilih pagi, sore atau mala hari. Semua sesuai dengan kondisi yang ada. Sebaiknya cara belajar yang baik di lakukan setiap hari, walaupun dengan waktu yang tidak lama. Misalnya 1 atau 2 jam setiap hari.

Banyak sekali murid-murid sekolah saat ini belajar ngoyo hanya jika ada ulangan atau ujian. Waktu yang paling tepat untuk belajar bisa di sesuaikan dengan mood dan toleransi tubuh kita. Tidak harus setiap malam. Kalau kita jam 8 atau jam 9 malam sudah merasa mengantuk bisa memilih waktu sore atau sehabis maghrib.

Jadi waktu belajar seseorang memang tidak bisa sama. Yang penting jangan terlalu memaksakan atau memporsir balajar hingga larut malam karena biasanya hasilnya juga tidak akan bisa maksimal.

Berikut Ini Tips Dan Trik Cara Belajar Yang Baik Untuk Menghadapi Ujian


1. Belajar Kelompok
Bosan belajar sendirian? Coba saja belajar secara kelompok bareng teman. Belajar kelompok merupakan salah satu belajar yang baik dan efektif. Dengan belajar kelompok kegiatan belajar akan menjadi sangat menyenangkan karena ada temannya. Belajar secara kelompok sebaiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar bisa termotivasi dan ketularan pintar.
2. Coba Rajin Membuat Catatan Atau Intisari Dari Pelajaran

Setiap bab pelajaran selalu ada bagian-bagian yang penting. Nah bagian yang penting ini sebaiknya dibuat catatan di buku tersendiri. Cara belajar yang baik dengan merangkum bahan atau materi pelajaran juga sangat berguna saat menghadapi ujian.

3. Selalau Disiplin Dan Tekun Dalam Belajar
Yang penting di sini adalah kualitas belajarnya. Walaupun hanya 1-2 jam sehari tapi kalau di lakukan setiap hari pasti akan lebih baik dari pada belajar dalam waktu yang sangat lama pada waktu tertentu saja. Misalnya hanya belajar kalau ada ulangan atau ujian saja.

4. Bertanya Kalau Belum Paham
Biasanya saat guru selesai membahas satu mata pelajaran akan bertanya pada murid muridnya. Apakah sudah jelas? Jangan ragu dan takut untuk bertanya kalau memang kurang paham atau kurang mengerti.

5. Hindari Sukap Tidak Jujur
Sekarang ini banyak siswa membuat catatan untuk mencontek saat ada ulangan atau ujian. Dengan belajar dengan jadwal yang teratur seorang murid akan selalu siap jika ada ulangan dadakan dan tidak perlu mencontek. Bagaimana dengan tips cara belajar yang baik diatas mungkin masih belum bisa meningkatkan hasil belajar anda?


Tips Cara Belajar yang Baik Menurut "UMY BLOG"

1. Ciptakan suasana yang kondusif

Dalam belajar, kamu harus menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Cara ini merupakan salah satu cara belajar yang baik karena bagaimanapun jika ingin materi yang kamu pelajari itu bener-bener masuk ke otakmu, kamu harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga nggak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar.
2. Lihat garis besarnya dahulu

Tips cara belajar yang baik dengan melihat garis besar materi. Jika membaca bahan pelajaran yang baru, jangan langsung menceburkan diri kedalamnya. Kamu bisa lebih meningkatkan pemahaman bila melihat sepintas garis besarnya. Lihatlah semua subjudul, keterangan gambar dan ringkasan yang ada. Jik membaca bacaan yang cukup panjang, maka bacalah dahulu kalimat pertama dari setiap paragrafnya.
3. Buatlah catatan intisari dari bahan pelajaran

Tips cara belajar dengan teknik meringkas intisari dari pelajaran. Kalau kamu meringkas materi dari setiap bahan pelajaran ke dalam sebuah catatan kecil, maka akan sangat membantumu mengingat bahan pelajaran itu. Pada saat kamu menulisnya, kamu pasti membaca materinya lagi, bener kan? Itu akan membuatmu cepat hafal materinya. Sebaiknya catatan itu ditulis kedalam buku kecil atau kertas yang bisa dibawa kemana-mana, sehingga bisa dibaca kapan dan dimanapun kamu berada. Tips Cara belajar yang baik bukan?
4. Berlatihlah tehnik kemampuan mengingat

Cara Belajar Yang Baik dengan teknik kemampuan mengingat. Agar lebih mudah kamu ingat sebaiknya materi yang akan kamu hafal itu diubah menjadi sebuah singkatan atau kata kunci (Mnemonics) dengan formulasi yang mudah diingat-ingat. Seperti MeJiKuHiBiNiU untuk singkatan-singkatan dari warna pelangi, yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu. Walaupun kamu jika menghafal langsung dalam 1 minggu sudah lupa, dengan menggunakan mnemonics seperti ini kamu bisa ingat sampai puluhan tahun lamanya.
5. Belajarlah dengan tekun dan rutin.

Tips cara belajar yang baik dan paling ampuh adalah dengan tekun dan rutin. Belajar tepat waktu dan serius juga sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi belajar, apabila kamu jarang belajar maupun  hanya belajar jika akan ada ulangan pasti prestasinya gak akan maksimal. Jadi belajarlah dengan tekun dan rutin selagi ada waktu untuk belajar. Juga jangan belajar dengan tergesa-gesa pada hari terakhir sebelum ulangan, cara belajar yang baik seperti itu hasilnya juga nggak akan maksimal.

Sumber : http://belajarpsikologi.com/cara-belajar-yang-baik/
no image

9 Perjalanan Kereta Api Terbaik

Dalam dunia modern di mana jalan jalan dipandang sebagai pemborosan waktu dan sumber daya, sulit untuk benar-benar memahami keindahan beberapa wahana yang paling spektakuler di planet ini. masih ada beberapa perjalanan kereta api luar biasa di seluruh dunia di mana perjalanan itu sendiri berubah menjadi destinasi yang menarik. berikut artikelnya....
 

Glacier Express
glacier-express
Tak diragukan lagi, paling lambat 'mengungkapkan' planet ini, 180 mil perjalanan pada rute yang menyenangkan ini memakan waktu sekitar 8 jam. Bukan berarti kita mengeluh mengenai hal ini . inilah yang menawarkan banyak waktu untuk melihat sekilas tentang panorama ajaib yang terletak pada jalan, yang menghubungkan dua resor gunung St Moritz dan Zermatt di Swiss Alps. 291 jembatan, 91 terowongan dan berada pada ketinggian 6.670 kaki membuat perjalanan kereta ini mirip dengan sebuah ekspedisi melalui negeri dongeng.
glacier-express
glacier-express
Spektakuler, menakjubkan dan gambar sempurna, ini adalah perjalanan yang akan benar-benar kalian cintai!


Venice Simplon-Orient-Express
venice-simplon-orient-express_1
venice-simplon-orient-express_2
Menghubungkan beberapa kota-kota terbaik di Eropa, termasuk London, Venice, Roma, Budapest, atau Praha, Orient Express adalah cara yang paling menarik untuk bepergian keliling eropa. ini adalah salah satu untuk mereka yang berkantong tebal. Tiga hari perjalanan melewati pedesaan yang indah dari Perancis, Swiss dan Austria akan memakan biaya lebih dari 2.000 Euro untuk pesona tua Orient Express.


Pride of Africa
pride-of-africa_3
pride-of-africa_1
The Pride of Afrika adalah sebuah perjalanan kereta api pecinta alam yang tidak akan pernah terlupakan jika mereka ingin mengeksplorasi keindahan, keagungan dan kemegahan yang tersembunyi di benua hitam yang spektakuler dengan santai. Terlepas dari kenyamanan sempurna yang ditawarkan, sekali dalam setahun perjalanan yang direncanakan pada 'Pride of Afrika' akan membawa Anda pada epik 14 hari ekspedisi melalui Cape Town, Dar Es Salaam, Kimberley, Pretoria, di Taman Nasional Kruger , Beit Bridge, Bulawayo, Victoria Falls, Lusaka dan Tanzania.
pride-of-africa_1
pride-of-africa_2
Billed sebagai kereta api paling mewah di dunia, sebaiknya Anda tidak kehilangan kesempatan jika Anda merencanakan liburan romantis melalui jantung Afrika Selatan.


Eurostar
eurostar
Meskipun tidak banyak orang akan benar-benar senang dengan fakta bahwa Anda harus menghabiskan banyak waktu di kereta Eurostar di bawah laut, tapi kereta ini menawarkan kenyamanan kelas atas. Selain membawa Anda ke tujuan yang dipilih dalam waktu yang cukup singkat, itu adalah pilihan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan memilih penerbangan antara London dan Paris. Inovatif ...


Flam Railway
flam-railway_1
Ingat the awesome Norwegian Fjords? Nah, ini adalah kereta yang melalui rel terpanjang di dunia fjord Sognefjord, , di mana pada 20 kilometer perjalanan Anda akan melihat keturunan yang menakjubkan dari ketinggian hampir 3.000 meter ke fiord Flam. Perjalanan tampak baik memikat dan rambut penggalangan dengan cara sempit dan pemandangan yang tak terlupakan.
flam-railway_2
flam-railway_3
Wisata populer di Norwegia, ini semua tentang keindahan sejati menjelajahi alam dengan santai.


Palace on Wheels
palace-on-wheels_1
palace-on-wheels_2
melangkah di Palace on Wheels dan Anda akan menemukan apa yang telah dijanjikan oleh namanya.yang dimulai dari Delhi di India dan berakhir di negara bagian kerajaan Rajasthan , menawarkan kemewahan lengkap, sangat mirip dengan kemewahan yang dinikmati oleh raja-raja kerajaan pada zaman dahulu. Hanya untuk memutar kembali waktu, sebuah mesin uap digunakan untuk menarik kereta awalnya keluar dari Delhi, untuk menambah pengalaman. sebuah gajah selamat datang di jaipur, makan siang di danau istana di Udaipur, safari unta di dekat Jaisalmer dan sore di Taj Mahal; Palace on Wheels adalah cara yang paling nyaman untuk menjelajahi india.


Eastern & Oriental Express
eastern-oriental-express_1
Membentang antara ultra-modern Singapura dan Bangkok, dan perjalanan melalui hutan tropis yang hijau subur, Eastern & Oriental Express adalah gaya perjalanan yang modern dan nyaman.
eastern-oriental-express_2
eastern-oriental-express_3
Terlepas dari semua kesenangan yang ditawarkan dalam hal masakan dan perhotelan, perjalanan kereta api menyajikan jendela yang sempurna ke Asia Tenggara, dengan mengubah topografi dan kontras antara perkotaan sekarang dan diberkahi secara alami pada masa lalu.


Royal Scotsman
royal-scotsman_1
Jika Anda ingin menaiki Royal Scotsman(skotlandia) .maka Anda harus benar-benar merogoh kocek terdalam untuk menaiki kereta api termahal di planet ini. Hanya mempertimbangkan fakta bahwa 4-hari perjalanan di Royal Skotlandia sama dengan biaya 19-hari seluruh kelas perjalanan di Trans-Siberia, dan Anda akan mendapatkan ide. Mobil pengamatan menampung 36 penumpang (ya, hanya 36 penumpang diperbolehkan) di sofanya yang nyaman bersama dengan kabin yang dirancang khusus untuk makan dan keperluan lainnya.
royal-scotsman_2
royal-scotsman_3
Kereta lebih menarik pada malam hari ketika Anda perlu tidur dan sementara perjalanan menawarkan bagian yang melalui air terjun, gunung dan lembah, jelas bukan untuk semua orang.


Trans-Siberian Railway
trans-siberian-railway_1
trans-siberian-railway_2
Hampir tidak ada keraguan bahwa sebuah perjalanan 6.000 mil melintasi luasnya Rusia yang membawa Anda hingga berjarak sepertiga planet ini adalah yang terbaik dari yang lainnya. 


Trans-Siberian Railway
trans-siberian-railway_3
trans-siberian-railway_4
Dari Vladivostok di Siberia ke Moskow dan kemudian ke St Petersburg, 19-hari naik menawarkan lebih dari yang bisa Anda temukan pada kereta lain. Kereta yang dulu pernah digunakan oleh Politbiro ini dipasang dengan dua kamar tidur, kamar mandi dan ruang makan, lengkap dengan koki pribadi. Membawa Anda dalam kenyamanan di kereta ini, ini adalah pengalaman yang paling berkesan.
 
 
Sumber : Terselubung
 
Monday, March 4, 2013
no image

Orang Indonesia di Balik Game "Assasins Creed"


 
 










 Richard Bharata, karyawan Ubisoft (kiri)

Seri video game dari Ubisoft yang kini telah mencapai judul kelima (Assassin's Creed III) dikenal sebagai permainan yang menyajikan gameplay terbuka di tengah tempat-tempat historis yang tervisualisasi dengan indah.

Dalam seri game ini pemain menjelajahi lokasi-lokasi bersejarah, seperti kota Istanbul pada zaman Ottoman, Roma dalam masa Renaissance, serta Amerika Serikat sewaktu dilanda perang saudara. Semuanya ditampilkan dengan detail lingkungan dan arsitektur yang akurat sesuai era masing-masing.

Untuk mewujudkan itu semua diperlukan kerja keras yang tidak sedikit, mulai dari riset sejarah, kunjungan ke lokasi yang sesungguhnya, hingga proses pengembangan lingkungan dalam game. Nah, di sinilah Richard Wych Bharata Setiawan, seorang kelahiran Indonesia, memainkan peranannya.
ubisoft


Lulusan Desain Komunikasi Visual Universitas Trisakti ini menjabat sebagai Level Artist di studio besar Ubisoft di Montreal, Kanada.

Sebagai perancang lingkungan game, Richard terlibat dalam pembuatan sejumlah game dalam seri Assassin's Creed, termasuk Brotherhood dan Revelations yang merupakan ekspansi dari judul Assassin's Creed II. Dia juga turut menangani proses desain dalam seri game populer lain bikinan Ubisoft, yaitu Prince of Persia.

Dari lokal ke mancanegara

Richard tidak serta-merta melompat ke Kanada begitu lulus kuliah. Pria yang akan segera menikah dalam waktu dekat ini mengawali kariernya sebagai desainer grafis di Forhet pada 2005. Lebih kurang setahun kemudian, dia bergabung dengan Matahari Studios—sebuah pengembang game lokal—sebagai special effects artist.

"Kebetulan, saya lalu dapat informasi bahwa Ubisoft akan membuka studio di Asia Tenggara," ujar pria yang mengaku belajar mendesain obyek-obyek dalam game secara otodidak ini.
geekbox.net Salah satu setting lokasi di game Assassins Creed III


Jadilah Richard mengajukan lamaran sebagai special effects artist. Tetapi, posisi yang diinginkannya itu ternyata tidak tersedia. Richard lantas nyemplung sebagai level artist dan modeller di Ubisoft Singapura pada tahun 2008 silam. Dia adalah salah satu dari dua orang Indonesia yang tergabung dalam tim awal studio Ubisoft Singapura yang berjumlah 25 orang.

"Ketika itu ada kejadian lucu di mana saya diminta mengisi form pekerjaan. Saya diberikan laptop, tetapi keyboardnya menggunakan bahasa Perancis. Lama sekali saya mengisinya karena harus mencari huruf yang tepat satu per satu, ha-ha-ha," ujar Richard sambil tergelak ketika mengenang pengalamannya tersebut. Maklum, Ubisoft adalah perusahaan asal Perancis. Rupanya mereka lupa membawa peralatan yang cocok untuk kawasan Asia Tenggara.

Tiga tahun bekerja di Singapura, Richard lantas pindah ke studio utama Ubisoft di Montreal, Kanada, di mana dia bermukim hingga kini.

Pengalaman Richard menggunakan keyboard berbahasa Perancis berlanjut dalam bentuk yang berbeda di Montreal karena bahasa Perancis adalah bahasa utama di kota itu. Richard pun makin getol belajar bahasa Perancis. "Sekarang sudah tidak kaku lagi berbahasa Perancis meskipun masih harus banyak belajar," ujarnya.

Pekerjaan kolosal


Melihat tampilan dunia dalam seri game Assassin's Creed yang luas dan begitu mendetail, dapat dibayangkan bahwa pembuatnya pastilah bekerja keras untuk merealisasikan lingkungan game dari gambaran konsep yang ditetapkan sebelumnya.

Di studio Ubisoft, sebagian besar tanggung jawab ini berada di pundak art director yang memberikan arahan seputar rancangan game pada sejumlah sub-bagian, termasuk character design dan level designer yang menjadi atasan Richard.

"Kalau diumpamakan, level designer membuat 'mangkuk' lingkungan dunia game berikut 'level box' yang mewakili obyek-obyek dalam dunia game. Level artist seperti saya kemudian mewujudkan dunia itu sesuai arahan," jelas Richard mengenai bidang pekerjaannya.

Dari situ, Richard bersama tim level artist memikirkan kira-kira arsitektur seperti apa yang sesuai dengan setting game, lalu bekerja membuat obyek-obyek dan lingkungan dalam game berdasarkan referensi yang didapat berikut limitasi interaksi dalam game yang ditetapkan oleh programmer.

Kadang proses ini bisa membuat pusing tujuh keliling. Richard memberi contoh salah satu level dalam game Assassin's Creed: Brotherhood yang menampilkan reruntuhan Colosseum di Roma, Italia, lengkap dengan ruang-ruang bawah tanahnya.


gamesradar.com Colosseum dalam game Assassins Creed: Brotherhood


"Kami harus membuat Colosseum sesuai dengan keadaannya pada abad ke-15, tahun 1400-an, sementara gambar-gambar referensi yang tersedia hanya dari tahun 2000-an," ungkap Richard. Kendati demikian, nyatanya di tengah keterbatasan itu tim pengembang Ubisoft tetap berhasil memvisualisasikan desain Colosseum yang megah.

Ketika itu, Richard antara lain bertanggung jawab membuat setting dungeon atau ruang tahanan bawah tanah di Colosseum yang juga dipakai sebagai arena kejar-kejaran menggunakan kuda di dalam game. "Proses pembuatannya lama sekali, tapi ketika dimainkan dalam game, lima menit saja level-nya sudah lewat, ha-ha-ha," ucap Richard.

Dalam proses pembuatan game, Ubisoft menerapkan sistem milestone atau target pencapaian dalam kurun waktu tertentu. Jika sudah dekat waktu deadline, Richard kerap lembur demi merampungkan pekerjaan.

Tantangan dalam melakukan proses desain lingkungan game itu pun selalu mengalami eskalasi dari judul ke judul. Menurut Richard, ini karena Ubisoft selalu meminta rancangan yang lebih detail untuk game berikutnya. "Pengerjaan dari Assassin's Creed II ke Brotherhood lalu setelah itu ke Revelations, misalnya, selalu harus disertai dengan peningkatan kualitas sehingga kami harus bekerja lebih giat lagi."

Saat semuanya sudah selesai, dunia game kemudian digabungkan dengan bagian-bagian lainnya, seperti karakter game hasil rancangan character artist dan fashion designer yang juga dibuat berdasarkan referensi faktual.

Hasil karya Richard bisa dilihat di serangkaian judul game dalam seri populer ini, mulai dari Assassin's Creed II, Assassin's Creed: Brotherhood, Assassin's Creed: Revelations, hingga yang terbaru Assassin's Creed III, yang tersedia untuk platform PC dan konsol game, seperti Xbox 360 dan PlayStation 3.

Gerilya

Richard mengaku menikmati bekerja di studio terbesar Ubisoft di Montreal. "Suasananya cair, kekeluargaan. Semua karyawan, misalnya, makan siang bersama tanpa memandang posisi atau jabatan."

Meski begitu, pria yang mengaku suka main game untuk melihat-lihat desain lingkungannya dan mencari inspirasi ini masih menyempatkan diri pulang ke Tanah Air dengan memanfaatkan waktu senggang antarpembuatan judul game.

"Kebetulan, sekarang lagi in-between, jadi bisa pulang ke rumah," ujar Richard ketika ditemui KompasTekno di sela-sela gelaran Indocomtech 2012 di Jakarta, November lalu. Saat itu, seri game terbaru yang turut ditangani Richard, Assassin's Creed III, memang telah rampung dan baru dirilis ke pasaran.

Soal industri game di Indonesia, Richard mengatakan bahwa sebenarnya terdapat banyak talenta berbakat di Tanah Air. Hanya saja, menurut Richard, di samping belum adanya investor besar yang berani mendanai pembuatan game seperti Assassin's Creed, ada hal lain yang sedikit mengganjal kemajuan dunia game Nusantara dalam mengembangkan game berskala besar.

"Banyak yang bagus, tapi kebanyakan dari mereka bergerak seperti pejuang gerilya zaman kemerdekaan, yaitu terpisah-pisah antardaerah. Seandainya saja bisa disatukan, tentu bisa kuat sekali," ujar Richard.

Bagaimana dengan para rekan seprofesi yang memutuskan untuk mengadu nasib di negeri orang, seperti Richard sendiri? Menurut dia, hal tersebut berkaitan dengan besarnya penghargaan atas karya mereka yang bisa diperoleh di luar negeri.

"Namanya juga memenuhi kebutuhan hidup. Di Indonesia banyak talenta pembuat game berkualitas internasional, tapi penghasilannya kurang. Seandainya keadaan itu berubah, pasti semua yang bekerja di luar negeri akan pulang kampung dengan senang hati," tandasnya.

Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2012/12/10/16190686/Orang.Indonesia.di.Balik.Game.Assassins.Creed
no image

Manfaat Bangun Pagi Hari



 
Bangun pagi mungkin menjadi pekerjaan sulit bagi orang yang tinggal di kota besar, karena kebanyakan justru kurang tidur dan tidur larut malam. Padahal ada banyak manfaat bila Anda rajin bangun pagi. Apa saja?

Bangun pagi tidak hanya membuat Anda lebih siap dan tidak terburu-buru menghadapi hari, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

 

Berikut beberapa manfaat yang diperoleh oleh orang yang rajin bangun pagi, seperti dilansir boldsky, Selasa (2/10/2012):

1. Olahraga pagi
Ketika Anda bangun pagi, Anda akan punya waktu lebih untuk berolahraga dan mengeluarkan keringat di pagi hari. Pagi adalah waktu terbaik untuk olahraga karena tubuh lebih segar dan otot-otot telah diberikan waktu untuk beristirahat selama tidur.

Pagi juga merupakan waktu terbaik untuk mendapatkan adrenalin, yang keluar saat olahraga, sehingga Anda merasa energik sepanjang hari.

2. Sarapan
Kebanyakan pekerja kerap melewatkan sarapan bukan karena terlalu 'sibuk' untuk sarapan, tapi karena tidak bangun cukup pagi. Anda perlu bangun lebih pagi agar punya waktu lebih untuk sarapan dan menyiapkan kebutuhan sehat di pagi hari. Sarapan adalah makan yang paling penting sepanjang hari.

3. Katakan 'tidak' untuk stres
Hormon stres bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis dan juga melemahkan sistem saraf. Jika Anda bangun lebih pagi, Anda akan dapat mengelola waktu sedemikian rupa sehingga dapat meminimalkan stres.

4. Suasana hati selalu baik
Orang yang bangun pagi cenderung lebih kecil mengalami perubahan suasana hati di pagi hari atau yang disebut 'early morning blues'. Bangun pagi akan membuat Anda selalu berada dalam suasana hati yang baik. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan produktivitas kerja.


http://health.detik.com/read/2012/10/02/071212/2051180/766/ini-manfaatnya-bila-rajin-bangun-pagi

 Namun ini artikel lain yang diambil dari http://www.bisnis-jabar.com/index.php/berita/10-manfaat-bangun-pagi Artikel ini lebih kepada manfaat dalam kehidupan sehari-hari..

Mengasah pikiran dan hati
Pagi hari merupakan waktu yang baik untuk pengembangan diri, misalnya, untuk membaca buku atau memulai suatu hobi seperti menulis. Suasana yang masih tenang akan menjadi anugerah yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan diri secara profesional, emosional, fisik, mental, dan spiritual.
Menggunakan waktu untuk berpikir
Pakar keuangan James Citrin pernah mengatakan, “Heningnya pagi seringkali terjadi ketika pikiran kita sedang jernih, dan memungkinkan untuk memecahkan persoalan penting.” Artikelnya yang berjudul  Tapping the Power of Your Morning Routine, akan memberikan wawasan pada Anda betapa berharganya waktu pagi. Dalam artikel tersebut Jim juga melaporkan bahwa 80% pejabat perusahaan yang diwawancaranya bangun pukul 05.30 atau lebih pagi.
Melakukan meditasi
Meditasi menyebabkan keseimbangan emosional dan kesejahteraan diri. Jika Anda mengawali hari dengan bermeditasi, Anda akan membawa keseimbangan dalam hidup Anda sepanjang hari, dan memerbaiki kualitas hidup Anda. Pagi menjadi waktu yang lebih baik untuk meditasi karena pikiran Anda masih segar, rileks, dan otak masih tajam.
Membereskan hal-hal kecil
Bereskan hal-hal kecil yang harus Anda lakukan lebih dulu untuk menyelesaikan tugas yang lebih besar pada hari itu. Misalnya, balas dulu email-email yang belum dibuka di inbox, supaya tidak menyita perhatian Anda. Anda pun memunyai waktu untuk membereskan rumah sebelum pergi bekerja.
Berolahraga
Tidur lebih awal, membuat Anda mampu bangun pagi dengan bugar. Waktu yang masih ada bisa Anda gunakan untuk berolahraga, entah di rumah atau di gym dekat kantor.
Memeroleh kalsium dan vitamin D untuk tulang
Bangun pagi juga memberi kesempatan bagi tubuh untuk menerima paparan sinar matahari yang penting untuk tulang. Berjemur dibawah paparan sinar mentari pagi sebelum pukul 09.00 dianggap baik guna memenuhi kecukupan kalsium dan vitamin D dalam tubuh.
Meningkatkan produktivitas
Jika mengawali hari lebih awal, Anda akan membuat waktu terasa lebih panjang. Dengan demikian, Anda bisa melakukan lebih banyak pekerjaan dalam satu hari. Jika pekerjaan menumpuk untuk esok hari, tidurlah lebih awal dan bangun lebih pagi, maka Anda bisa menyelesaikannya dengan lebih cepat.
Membuat anda berbahagia
Peneliti dari Roehampton University di Inggris juga menyimpulkan kalau bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood yang baik, dan membuat orang memiliki indeks massa tubuh ideal. “Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia,” ungkap peneliti Dr Joerg Huber, yang dikutip melalui medicmagic.net.
Mendahului kemacetan
Warga Bandung atau kota besar lain di Indonesia setiap pagi kerap bertemu dengan kemacetan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa berangkat ke kantor lebih pagi. Dengan tiba di kantor lebih awal, Anda bisa menggunakan waktu yang masih ada untuk melakukan berbagai hal, entah itu membaca, olahraga, merencanakan kegiatan dalam sehari, dan lain sebagainya.

Tidur lebih berkualitas
Seperti diketahui dengan tidur yang cukup mampu mengurangi berbagai efek negatif pada tubuh, seperti penuaan dini atau kerutan pada wajah. Dengan bangun pagi, irama pada tubuh akan menjadi stabil. Kondisi ini secara tidak langsung akan memperbaiki kualitas tidur Anda setiap hari
Saturday, March 2, 2013
Koneksi Internet Terlambat di Dunia yaitu Indonesia ?

Koneksi Internet Terlambat di Dunia yaitu Indonesia ?

Sering membuka situs, menonton video, atau membuka laman apakabardunia terasa lambat? Tak usah heran, memang koneksi di Indonesia paling parah bin lambat.
Negara berpenduduk terbesar keempat dunia dengan penduduk lebih dari 237 juta jiwa ini rata-rata kecepatan membuka halaman web 20,3 detik.

 Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan Google terhadap kecepatan web pada komputer desktop dan perangkat mobile di 50 negara koneksi internet tercepat, awal April ini, Indonesia adalah negara paling dengan kecepatan internet paling lambat jika mengakses lewat desktop. Filipina berada di atas Indonesia satu tingkat, dengan kecepatan 15,4 detik.

Apabila ingin mendapatkan kecepatan tinggi akses internet dengan desktop komputer, Anda bisa pergi ke Republik Slowakia. Di negara itu, hanya membutuhkan rata-rata 3,3 detik untuk membuka halaman web melalui desktop atau enam kali lebih cepat dibandingkan di Indonesia.

Jika menggunakan perangkat mobile, Indonesia tidak tergolong paling lambat. Rata-rata membutuhkan 12,9 detik untuk membuka halaman web lewat perangkat mobile di Indonesia. Negara dengan akses internet paling lambat melalui perangkat mobile adalah Uni Emirat Arab: 26,7 detik.
Negara yang memiliki kecepatan internet paling tinggi dengan menggunakan perangkat mobile adalah Korea Selatan, yaitu rata-rata 4,8 detik atau lebih dari dua kali kecepatan membuka di Indonesia.

Meskipun, Korea Selatan tercepat untuk akses internet dengan mobile tetapi untuk penggunaan desktop komputer masih di bawah Slovakia. Di Korea Selatan kecepatan membuka dengan komputer rata-rata 3,5 detik.

Sepuluh Negara dengan Internet Tercepat di Desktop Komputer (dalam detik)

Republik Slowakia (3,3)
Korea Selatan (3,5)
Republik Cek (3,7)
Belanda (3,9)
Jepang (4)
Denmark (4,3)
Swiss (4,3)
Swedia (4,5)
Belgia (4.6)
Norwegia (4,8)

Sepuluh Negara dengan Internet Terlambat di Desktop Komputer (dalam detik)

Cile (10)
Kolombia (10,2)
Peru (11,7)
Brasil (11,8)
Argentina (12,8)
Malaysia (14,3)
Venezuela (14,9)
India (15,1)
Filipina (15,4)
Indonesia (20,3)

Sepuluh Negara dengan Internet Tercepat di Perangkat Mobile/Seluler (dalam detik)

Korea Selatan (4,8)
Denmark (5,2)
Hong Kong (5,9)
Norwegia (6)
Swedia (6,1)
Estonia (6,2)
Republik Cek (6,3)
Jepang (6,4)
Rumania (7,5)
Republik Slowakia (7,6)

Sepuluh Negara dengan Internet Terlambat di Perangkat Mobile/Seluler (dalam detik)

Malaysia (12,7)
Indonesia (12,9)
Singapura (12,9)
Meksiko (14,1)
Brasil (15,8)
Argentina (16,3)
India (16,4)
Thailand (17,4)
Arab Saudi (21,2)
Uni Emirat Arab (26,7)
Sejarah Papan Ketik (Keyboard) QWERTY

Sejarah Papan Ketik (Keyboard) QWERTY

Hal ini berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan lebih dulu oleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin ketik prototype sebelumnya, malah sangat memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat. Terlalu cepatnya kemungkinan dalam mengetik tersebut, sampai- sampai sering timbul masalah pada saat itu. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan karena batang-batang itu saling mengait (jamming).

Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher Latham Sholes justru mengacak-acak urutan itu demikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya. Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Sebenarnya ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. Sebut saja ASK (American Simplified Keyboard), umum disebut DVORAK yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940.
Secara penelitian saat itu, susunan DVORAK memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien. Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya DVORAK harus tunduk karena dominasi QWERTY yang sudah terjadi pada organisasi-organisasi dunia saat itu dan mereka tidak mau menanggung resiko rush apabila mengganti ke susunan keyboard DVORAK. Satu-satunya pengakuan adalah datang dari ANSI (American National Standard Institute) yang menyetujui susunan keyboard Dvorak sebagai versi “alternatif” di sekitar Tahun 1970.
Susunan keyboard lainnya yang masih perkembangan dari susunan QWERTY adalah QWERTZ yang dipakai di negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dll. AZERTY oleh negara Prancis dan Belgia, QZERTY, dll. 
Sejarah Menara Miring Pisa

Sejarah Menara Miring Pisa

Menara miring Pisa (dalam Bahasa Italia: Torre pendente di Pisa) atau yang biasa disebut The Tower of Pisa (La Torre di Pisa) adalah sebuah menara lonceng dari sebuah katedral di kota Pisa, Italia. Menara ini terletak di belakang katedral dan merupakan struktur ketiga di Campo dei Miracoli (keajaiban) Pisa.

Walaupun rencana semula dibangun secara vertikal, menara itu mulai miring ke arah tenggara segera setelah dilakukan konstruksi di tahun 1173, dikarenakan pondasi yang tak sempurna.

Tinggi dari menara tersebut adalah 55,86 km dari permukaan tanah di sisi terendah, dan 56,70 m di sisi yang tertinggi. Lebar alas bangunan itu adalah 4,09 m dan lebar puncaknya adalah 2,48 m. Berat menara ini diperkirakan 14,500 ton dan memiliki 294 anak tangga.

Konstruksi dari Menara Pisa dibangun dalam tiga tahap, yang memakan waktu sekitar 200 tahun. Konstruksi marmer putih di lantai pertama dimulai pada tanggal 9 Agustus 1173, pada masa kejayaan militer dan kemakmuran Italia. Lantai pertama ini dikelilingi oleh beberapa pilar dan walaupun posisinya miring, namun tetap tahan selama berabad-abad.

Ada kontroversi seputar identitas dari arsitek yang membangun Menara Miring Pisa. Selama bertahun-tahun, desain tersebut diyakini dibuat oleh Guglielmo dan Bonanno Pisano, artis lokal kenamaan di abad ke-12, yang terkenal dengan karya perunggunya, khususnya pada karyanya Pisa Duomo.

Bonanno Pisano meninggalkan Pisa di tahun 1185 dan pindah ke Monreale, Sicilia, namun kemudian kembali lagi dan meninggal di tanah kelahirannya itu. Makamnya ditemukan di dasar tower di tahun 1820.


Menara itu pertama kali miring setelah lantai ketiga dibangun di tahun 1178, dikarenakan amblasnya pondasi sedalam tiga meter, akibat pergerakan tanah. Ini berarti bahwa desain dari menara tersebut telah cacat sejak pada awalnya.

Konstruksi dihentikan sementara selama hampir seabad lamanya, karena para warga Pisa hampir terlibat peperangan dengan Genoa, Lucca dan Florence. Selama masa ‘istirahat’ ini, struktur tanah di bawahnya telah kembali stabil. Dan di tahun 1198, dipasang jam untuk sementara pada bangunan yang masih belum tuntas itu.


Di tahun 1272, bangunan itu dilanjutkan kembali oleh Giovanni di Simone, arsitek dari Camposanto. Lantai keempat dibangun untuk mengimbangi kemiringan dari menara ini. Pembangunan kembali dihentikan di tahun 1284, saat Pisa ditaklukan oleh Genoa dalam Pertempuran Meloria.

Pembangunan menara lonceng ini tak selesai terhenti hingga 1372. Setelah itu, Tommaso di Andrea Pisano berhasil menyelesaikan elemen-elemen Gothic dari menara tersebut, dengan memberikan sentuhan gaya Roma. Terdapat tujuh lonceng pada menara tersebut, yang masing-masing mewakili not pada nada. Lonceng yang terbesar dipasang pada tahun 1655.
 
 
Sumber : Terselubung
Friday, March 1, 2013
no image

Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi



Secangkir kopi bagi penggemarnya adalah sebuah awal dari
segalanya. Bukan berlebihan atau mengada-ada, tapi memang faktanya demikian.
Dalam sehari mungkin penggemar kopi bisa menghabiskan bergelas-gelas kopi,
pagi, siang, sore, dan malam hari.
Bagi penggemar kopi kurang nikmat rasanya jika belum meneguk
kopi untuk mengawali aktivitas. Kafein yang terkandung didalamnya memang
memberi manfaat bagi tubuh jika diminum dalam jumlah yang wajar, namun
sebaliknya jika dikonsumsi secara berlebihan kopi pun dapat berefek samping
yang tentunya merugikan tubuh.
Mengkonsumsi 4-5 gelas atau setara dengan 600 mg kafein
dalam sehari masih wajar jika diminum dalam keadaan tubuh yang sehat. Tapi perlu
diingat kafein tidak hanya terkandung dalam kopi, tapi juga terdapat pada teh,
minuman berenergi dan bahkan pada obat sakit kepala.
Berikut ini beberapa efek samping jika minum kopi terlalu banyak :
Gelisah
Salah satu efek samping kafein bagi kesehatan adalah dapat
memicu kegelisahan. Tidak semua orang mengalami efek samping ini, namun sebuah
penelitian di University
of Michigan membuktikan
efek sampingnya bisa menyebabkan seseorang mudah tersinggung bahkan bisa
membuat tangannya gemetar.
Gangguan kardiovaskular
Jantung akan terasa berdebar-debar bila terlalu banyak minum kopi, karena dalam
kadar tertentu kafein dapat mempengaruhi susunan saraf pusat di otak. Kafein
juga dapat meningkatkan tekanan darah sehingga tidak dianjurkan untuk penderita
hipertensi dan sakit jantung.
Sakit kepala
Beberapa jenis obat sakit kepala menggunakan campuran kafein karena dalam
jumlah sedikit senyawa ini memang memiliki khasiat anti nyeri. Namun efek
sebaliknya bisa muncul jika dikonsumsi terlalu banyak, misalnya minum lebih
dari 2-3 cangkir kopi espresso atau 5-6 cangkir kopi biasa setiap hari.
Gangguan pencernaan
Perut mulas dan rasa mual sering dikeluhkan saat minum kopi terlalu banyak.
Bukan karena kopinya sudah basi, tapi kafein itu sendiri memang meningkatkan
produksi asam di lambung sehingga tidak dianjurkan minum kopi sebelum makan.
Gangguan buang air kecil
Saat sedang kedinginan di dalam ruangan ber- AC (air conditioner), menghangatkan diri
dengan minum kopi bukanlah ide yang baik. Hawa dingin saja sudah menyebabkan
keinginan buang air kecil lebih sering, ditambah efek samping kafein sebagai diuretik
maka kemungkinan buang air kecil pun akan tambah besar.
Insomnia
Efek samping paling umum dari minum kopi terlalu banyak adalah tidak bisa
tidur. Bagi remaja atau paruh baya, efek ini mungkin hanya akan memicu rasa
lelah namun bisa berdampak serius bagi kesehatan kaum lanjut usia.
no image

Planet Mars Bisa di Huni Sekarang ?



Los Angeles
- Beberapa peneliti mengungkapkan, meski Mars lebih mungkin ditinggali di masa lalu (karena lebih hangat dan lebih basah), saat ini Planet Merah itu mungkin masih mampu menyokong kehidupan mikroba.

Penelitian yang sedang berlangsung di tempat-tempat mirip Mars antara lain Antartika dan gurun Atacama di Chile menunjukkan, mikroba dapat berkembang di lingkungan dingin dan kering yang ekstrem, demikian dikatakan beberapa peneliti di konferensi “The Present-Day Habitability of Mars” yang diadakan di University of California Los Angeles bulan ini.

Dan tidak semua bagian dari permukaan Planet Merah itu kering saat ini, setidaknya tidak selalu. Bukti yang ada menunjukkan bahwa air dapat mengalir secara musiman pada beberapa wilayah Mars yang berpotensi memberikan surga bagi kehidupan seperti yang kita ketahui.

"Kami tentu tidak bisa mengesampingkan kemungkinan bahwa Mars layak huni saat ini," kata Alfred McEwen dari University of Arizona, peneliti utama untuk kamera HiRise di pesawat ruang angkasa NASA, Mars Reconnaissance Orbiter.

Apakah ada air permukaan di Mars?
McEwen membahas beberapa pengamatan menarik yang dilakukan oleh HiRISE, yang menyatakan bahwa air asin mungkin mengalir menuruni lereng curam Mars selama musim semi dan musim panas di sana.

Enam belas situs telah diidentifikasi sampai saat ini, sebagian besar berada pada lereng Valles Marineris, ungkap McEwen. Trek tersebut tampaknya terus terulang secara musiman seperti cairan sirup yang mengalir turun di jalur yang digerus cuaca.

Meski air asin dapat berasal dari bawah tanah, Edwin Kite dari Caltech mencatat, ada kecurigaan yang meningkat bahwa proses yang dikenal sebagai “deliquescence”, saat kelembapan yang ada di atmosfer dikumpulkan oleh senyawa di tanah, sehingga memungkinkannya untuk menjadi cairan, bertanggung jawab atas fenomena tersebut.

Para ahli astrobiologi tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai air asin tersebut, karena tidak banyak yang diketahui tentang mereka saat ini.

"Air asin yang ada di Mars mungkin atau mungkin tidak layak huni untuk mikroba, baik dari bumi maupun dari Mars," kata McEwen.

Mikroba yang kuat
Beberapa peneliti menekankan bahwa kehidupan di Mars mungkin mampu bertahan bahkan di tempat-tempat air tidak merembes dan mengalir.

Misalnya, mikroba di Bumi dapat bertahan hidup di Atacama dan lembah-lembah kering Antartika, yang keduanya sangat dingin dan kering, kata Chris McKay dari Ames Research Center NASA  di Moffett Field, California

Beberapa situs di Antartika juga mendapat radiasi ultraviolet kadar tinggi secara musiman, yang diakibatkan oleh sebuah lubang di lapisan ozon yang cenderung mengembang setiap Agustus hingga November. Hal ini juga terjadi terhadap Mars, yang atmosfer tipisnya dan kurangnya medan magnet pelindung membuat planet tersebut lebih banyak terkena radiasi dibanding Bumi.

Di lembah Antartika yang kering, McKay mengatakan, organisme tinggal di dalam batuan, yang cukup dalam untuk bisa terlindungi dari dampak terburuk sinar UV, tapi cukup dekat ke permukaan untuk mendapatkan manfaat dari fotosintesis. Hal serupa mungkin terjadi di Mars saat ini, jika kehidupan pernah berkembang di sana.

McKay juga membahas deliquescence, yang di Atacama memungkinkan garam untuk mengumpulkan cukup air guna mendukung eksistensi kehidupan.

McKay menawarkan beberapa saran untuk wahana penjelajah Curiosity NASA  di Mars, yang mendarat pada Agustus untuk menentukan apakah Mars pernah mendukung kehidupan mikroba: “Hati-hati dengan garam!"

Sebuah potensi sumber energi
Sejumlah presenter menghabiskan waktu berbicara mereka untuk membahas tentang perchlorate, bahan kimia mengandung klorin, yang pernah ditemukan oleh wahana Phoenix NASA di dekat kutub utara Mars pada 2008.

McKay dan peneliti lainnya berpikir bahwa perchlorate mungkin merupakan alasan wahana kembar Viking milik NASA tidak mendeteksi senyawa organik apa pun, materi pembangun kehidupan mengandung karbon seperti yang kita ketahui di Planet Merah pada tahun 1970-an.

Viking menguapkan tanah Mars dan mencari setiap materi organik yang mendidih. Mereka tidak menemukan apa pun kecuali senyawa klorin yang dianggap penyebab kontaminasi. Tapi setelah perchlorate ditemukan oleh Phoenix, McKay dan beberapa peneliti lainnya melakukan sebuah percobaan.

Mereka menambahkan perchlorate ke sejumlah debu gurun dari Chile yang diketahui mengandung organik. Mereka memanaskan tanah dan menemukan senyawa klorin yang sama seperti yang ditemukan Viking, yang menunjukkan bahwa materi organik mungkin telah ada dalam sampel Viking namun terpecah akibat kombinasi panas dan perchlorate.

Meskipun cerita pendukung ini menarik, perchlorate juga relevan dengan kemungkinan kelayakan huni Mars masa kini.

"Perchlorate, ternyata, adalah sumber energi chemoautotrophic yang potensial," kata Carol Stoker, yang juga berasal dari NASA Ames, mencatat bahwa bahan kimia tersebut berpotensi mempertahankan mikroba di bawah permukaan Mars yang gelap, saat fotosintesis bukanlah suatu pilihan.

Dan beberapa mikroba bumi menggunakan perchlorate untuk makanan, sehingga hal tersebut juga bisa terjadi di Mars, seperti yang ditemukan para peneliti.

“The Present-Day Habitibility of Mars” digelar pada 4-5 Februari dan diprakarsai oleh institut NASA Astrobiology dan UK Centre for Astrobiology.

Sumber : Yahoo! News Indonesia
no image

Urbad Legend, Cerita Misteri dalam Kampus



FROM TRIBUN JABAR - Urban legend atau kisah misteri di sebuah kota memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Hampir setiap sudut kota punya cerita misteri sendiri. Termasuk di kampus-kampus. Nah cerita misteri di kampus juga tentu menjadi sebuah cerita yang menarik. Bikin merinding tapi juga bikin penasaran.

Beberapa kampus terutama yang bangunannya sudah tua ternyata menyimpan misteri yang mampu membuat jantung berdegup dengan kencang. Nah, beberapa teman kampus ingin juga berbagi cerita misteri yang mereka tahu tentang kampus mereka.

Etzioni Ichramsyah Harjuno (24) misalnya. Ia dapat cerita dari seorang temannya tentang sosok yang muncul di Gedung C Fakultas Ilmu Budaya Unpad Jatinangor menjelang magrib. Ia mengatakan saat itu temannya yang sedang asyik bermain basket di lapangan basket FIB melihat orang yang ia kira sebagai penjaga gedung sedang berada di dalam gedung.

"Biasa lah teman gue itu habis latihan basket. Karena nunggu pacarnya yang kuliah di Jurusan Sastra Jepang, jadi dia main-main sendiri sampai magrib," ceritanya pada Tribun, Minggu (24/2).

Awalnya tidak ada kecurigaan sama sekali. Kondisi saat itu, ucap mahasiswa tingkat akhir Jurusan Sastra Inggris Unpad itu, masih agak terang jadi masih bisa terlihat dengan jelas. "Setelah magrib, teman gue itu jalan ke Jurusan Sastra Jepang untuk jemput pacarnya. Dia jalan lewat depan Gedung C dan ketemu dengan penjaganya. Dia tanya apa masih ada kegiatan sampai magrib," tutur pemuda yang akrab disapa Iam itu.

Si penjaga, ucap Iam, mengatakan sudah tidak ada kegiatan. Bahkan, gedung itu sudah dikunci sejak jam 5 sore tadi. "Itu artinya yang dia lihat jelang magrib waktu itu bukan penjaga gedung maupun mahasiswa," jelas Iam.

Cerita seram lain juga dituturkan Iam. Kejadiannya di lokasi yang berdekatan. Masih di kawasan FIB. Ketika itu ada acara barbecue party di sekretariat himpunan untuk merayakan ulang tahun salah satu teman. Selagi yang lain merayakan di sekretariat yang berlokasi agak atas, satu orang teman yang bernama Ahmad memutuskan untuk ngenet di perpustakaan yang berlokasi di bawah.

"Begitu acara beres, semua pada turun tuh. Pas ke perpus eh si Ahmad lagi tidur aja. Nah si anak-anak pada iseng tuh. Si Ahmad dikunciin di perpus. Paginya, sekitar jam 6, Ahmad SMS dosen yang namanya Taufiq. Minta dibukain karena dia gak bawa kunci," ujar Iam.

Taufiq yang tidak tahu apa-apa dan sedang berada di rumahnya di daerah Kopo, tutur Iam, malah kebingungan. Bingung karena pagi-pagi sudah disuruh ke kampus untuk buka pintu perpustakaan karena ada yang terkunci di sana.

"Ternyata si Ahmad SMS Taufiq itu karena dikiranya Taufiq ngisengin dia. Si Ahmad cerita katanya pas dia setengah sadar, dia ngeliat Taufiq duduk di kursi perpustakaan. Padahal, pintu perpustakaan sudah dikunci sama anak-anak yang lain itu dari jam 11 malam. Jadi gak mungkin ada orang lain yang masuk," tutur mahasiswa asal Kebumen itu.

Cerita Amalia (21) beda lagi. Mahasiswi Jurusan Sejarah UPI itu menuturkan berbagai cerita seram yang ada di kampusnya. Meski tidak mengalaminya secara langsung, Amalia mengaku teman dekatnya sendiri yang mengalaminya. Kebetulan, temannya itu lumayan sering mengalami kejadian aneh di sekitar kampus.

"Yang pertama itu waktu teman aku lagi tidur berempat di sekretariat himpunan. Suka tiba-tiba ada yang ngelemparin pasir ke sekitar tempat tidur. Terus suka ada yang ngelempari batu juga ke jendela gitu. Padahal di tempat itu gak ada siapa-siapa lagi selain mereka," tuturnya.

Kejadian aneh yang menimpa temannya itu tidak berhenti sampai di situ. Kejadian kedua terjadi ketika sekretariat himpunan pindah ke sebuah rumah kosong yang berlokasi di sebelah Gedung Kebudayaan. Di rumah itu, ucap Amalia, ada dua kamar dan ruang tamu.

"Anak-anak kumpul di ruang tamu. Nah ada satu anak yang gak ikut kumpul. Selama mereka lagi ngumpul itu ada yang bolak-balik dari kamar satu ke kamar lainnya. Mereka ngira itu teman mereka yang gak ikut ngumpul. Mereka langsung kaget ketika liat teman mereka masuk dari pintu depan. Dia bilang habis dari warung," ceritanya.

Setelah dicek langsung ke kamar untuk memastikan siapa yang mondar-mandir tadi, ternyata kamarnya kosong dan tidak ada orang lain selain anak-anak yang sedang berkumpul dan anak satu lagi yang baru saja tiba.

Cerita lainnya adalah penampakan sesosok pocong di parkiran mobil Fakultas Bahasa. "Jadi malam-malam pas di kampus mau ke sekre sambil beli makan, temenku itu lewat parkiran mobil dan ngeliat ada pocong di situ," katanya.

Berbagai kejadian di luar nalar pun terjadi juga di kampus Institut Teknologi Bandung. Banyak cerita-cerita seram yang beredar dan bahkan ada juga yang sempat dijadikan film. Itu makin mengukuhkan eksistensi makhluk yang tidak kasat mata itu.

Christian Harijanto (21) menuturkan berbagai cerita misteri yang menjadi urban legend di kampusnya itu. Yang pertama adalah kisah misteri boneka beruang yang berada di atas pohon yang lokasinya tidak jauh dari kampus Jurusan Teknik Sipil. Menurut berbagai sumber, ujarnya, di bawah pohon itu suka ada anak kecil yang minta diambilkan boneka beruang yang berada di atas pohon.

"Tapi kemudian ketika anak itu menunjuk ke atas pohon, boneka beruangnya itu tidak ada. Nah ternyata si boneka beruang itu katanya akan muncul di tempat tinggal si orang yang dimintain tolong tadi," kata mahasiswa Jurusan Teknik Sipil angkatan 2009 itu pada Tribun, Selasa (26/2) siang.

Yang kedua adalah kisah tentang lift di Gedung PAU. Lift di gedung setinggi 9 lantai itu ternyata cukup menyeramkan. "Katanya kalau sendirian naik lift itu, si lift selalu berhenti di tiap lantai dan pintunya juga kebuka. Ketika sampai di satu lantai, pintu lift itu tidak mau menutup dan lampu tanda overload itu menyala. Padahal di situ tidak ada siapa-siapa lagi," tutur alumnus SMA Penabur 1 itu.

Hantu Tanpa Kaki di Perpustakaan
Kejadian lain yang cukup mengerikan adalah hantu tanpa kaki di perpustakaan. "Biasanya jam 5 itu kan perpustakaan sudah sepi. Kadang katanya kalau sedang sendirian di perpustakaan suka ada penampakan orang tanpa kaki," kata mahasiswa asal Bandung itu.

Cerita yang beredar adalah ada seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas di perpustakaan. Duduk satu meja dengannya, ada mahasiswa lain yang duduk sambil menopang dagu. Pulpen si mahasiswa terjatuh dan membuatnya harus mengambil pulpen itu.

Tidak disangka ketika mengambil pulpen, si mahasiswa tidak melihat kaki mahasiswa yang duduk sambil menopang dagu itu. Takut tapi tetap berusaha tenang, si mahasiswa kemudian mengaku mengantuk dan akan pulang. Respon mengejutkan malah dilontarkan si makhluk tanpa kaki itu. Sudah ngantuk apa sudah tahu, katanya.

Berbeda dengan Christian yang untungnya hanya mendengar ceritanya, Akbar Rizaldi (20) mengaku mengalami sendiri kejadian yang membuatnya gemetar. Ketika itu, ucapnya, sedang ada ospek jurusan. Ia yang bertindak sebagai panitia diminta untuk menjemput juniornya.

"Gue bertiga bersama dua teman lainnya berdiri di depan barisan para junior. Kami bertanya apakah ada yang sakit di antara para junior itu. Gue lihat ada dua orang yang mengacungkan tangan. Yang satu di barisan depan, dan yang satu lagi di barisan paling belakang memakai jaket putih," cerita mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Angkatan 2010 itu.

Keanehan mulai terjadi ketika dua temannya hanya bertanya kepada anak yang berada di barisan depan. Akbar bertanya-tanya kenapa anak yang berada di barisan belakang tidak ditanyai. Ia lantas bertanya dari barisan depan. Anehnya, yang menjawab pertanyaannya adalah anak yang mengenakan jaket merah.

Ia kemudian memastikan kepada teman-temannya. Dan ternyata dua teman lainnya tidak melihat ada junior lain yang mengangkat tangan selain yang berada di barisan depan. Keanehan tidak berhenti sampai di situ. Ketika evaluasi, Akbar juga sempat melihat ada sekelebat sosok putih yang lewat.

"Dari situ gue baru sadar kalau kemungkinan besar gue diikutin. Yah serem juga sih. Tapi dibawa santai aja lah. Kebanyakan yang pernah gue liat itu sosok cewek pake baju putih," kata alumnus SMAN 5 Bandung itu. (cc)

Penulis : andra
Editor : dia
Sumber : Tribun Jabar
no image

Cara Membuat Logo 3D dengan Menggunakan Photoshop

Tutorial ini saya dapat di DigiArtBali dan saya mau share kepada anda Cara Membuat Logo 3D silahkan lihat dan praktekan dengan baik tutorialnya

Before = After
Buka adobe photoshop. disini saya gunakan Adobe Photoshop cs3. pastikan computer anda sudah terinstall Adobe photoshop. buka halaman baru ( File -> New ) kemudian pilih ukuran gambar yang sesuai dengan yang anda inginkan. Pilih Text Tool ( T ) Kemudian mulai ketikkan huruf yang akan anda rubah menjadi Logo 3D. atur ukuran dan warna sesuai dengan yang anda inginkan. disini saya sudah memiliki gambar ( @ ) yang sebelumnya sudah saya buat di Corel X3.

Selanjtnya click kanan pada Layer Text ( T ) ( seperti Gambar ) kemudian click Rezterize Type ( untuk merubah mode Text ke Mode Gambar ) kemudian saya mengganti nama layer terebut dengan dengan nama LOgo . kemudian pilih Move tool ( tool paling atas pada sisi kiri photoshop ).

Kemudian dengan move tool kita rubah kemiringan gambar yang sudah dimiliki ( @ ) dengan menggeser kotak kecil pada tiap pojok gambar sambil menekan ( Alt pada key baoard ) , pastikan sebelumnya ( show transform control sudah dicentang ).

Kemudian pilih lagi layer Logo, sambil menekan ( Alt ) tekan tombol bawah ( tandapanah bawah pada keyboard ) untuk menduplikasi layer logo, tekan lah beberapa kali sampai layer ter copy beberapa kali dan kelihatan memiliki ketebelan kebawah. sehingga akan muncul Layer Logo Copy – Layer Logo copy 10.

Selanjutnya pilih layer logo copy, dan tekan Shift dan tahan sambil pilih Layer Logo copy 10. sehingga layer logo copy – layer logo copy 10 terpilih semua. kemudian klik kanan pada salah satu layer yang sudah di blok, dan pilih Merge Layer ( untuk menyatukan layer logo copy sampai layer logo copy 10 ). sehingga akhirnya jadi 2 layer ( logo & logo copy 10 ). kemudian pindahkan layer logo copy 10 supaya menjadi di bawah layer logo.
Selanjutnya pilih Burn Tool () kemudian rubah ukuran brush menjadi 250 ( atur sesuai kebutuhan ) dan piling Range : highlights dan Exposure : 100%. kemudian lakukan Burning pada layer Logo Copy 10. gunakan imajinasi anda untuk memilih bagian gelap terangnya dan menentukan dari arah mana datangnya cahaya, sehingga kelihatan gelap terangnya. untuk membuat bagian terangnya lakukan burning sambil menekan ( Alt ) pada keyboard. lakukan juga burning pada layer logo, sesuai dengan imajinasi anda.


Dengan tambahan sedikit imajinasi anda, anda bisa mengembangan teknik pencahayaan sesuai dengan yang anda ingin kan. sedikit sentuhan akhir, kita akan memberikan evek cahay berkilau, pilih Filter – Render – Lens Flare. letakkan kilauan cahaya sesuai dengan yang anda inginkan, pilih lens type 50-300mm atau anda bisa mencoba coba pilihan yang lain. lakukan teknik Lens Flare pada kedua layer.

Sehingga hasil akhirnya kira kira seperti dibawah.


Sumber : DigiArtBali.

Followers

Back To Top